Saturday, October 21, 2017

Sima’an Al Quran 30 Juz, Sambut Wisuda Akbar Ke-V





Doc. Sima'an Al-Quran 30 juz

Maquraamesir.com–Dalam rangka Wisuda Akbar Majelis Quran Abu Amru (MAQURAA) Mesir yang kelima, pada hari Kamis-Jumat (19,20/10) adakan acara tahunan Sima’an al-Quran 30 juz. Sudah menjadi agenda tahunan untuk para calon wisudawan tahfiz Maquraa sebelum menjalani prosesi wisuda pada Selasa (24/10) yang akan datang. Acara ini diadakan di rumah dua Maquraa, Abbas el-Akkad, Madinat Nasr.

Acara ini dibuka langsung oleh Direktur Maquraa  al-ustaz Arief Wardhani dan sekaligus memberikan sambutan dalam pembukaan sima’an al-Quran 30 juz ini. Beliau menyampaikan bahwa acara ini khusus diadakan untuk para calon wisudawan tahfiz, yang mana tahun ini menjadi tahun terbanyak, dengan 7 hafiz dan 7 hafizah. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan tentang betapa pentingnya menghargai waktu dan mengelola waktu. Karena waktu adalah sesuatu yang penting dan tidak bisa kembali jika tak dimanfaatkan dengan baik. “Kalian harus pandai-pandai mengelola waktu serta menghargai waktu”, tutur beliau.

Kali ini, Maquraa akan mewisuda 7 hufaz; 5 di antaranya sudah menyelesaikan qiraat Ashim riwayat Syu’bah dan Hafs, dan 2 sisanya baru menyelesaikan riwayat Hafs. Mereka adalah M. Rofiqul A’la, Ahla Ula al-Faqih, Irwan Ardiansyah, Mahfudz Jamaludin, Hery Mulyono, M. Ilham Marjoni, dan Dery Ferdian.


Setiap hafiz membaca 5 juz secara acak sesuai dengan pembagian yang telah mereka sepakati. Dan mereka mempunyai penyimak masing-masing di setiap juz yang mereka baca. Estimasi waktu yang diberikan untuk membaca setiap juznya adalah 45 menit. Pada hari pertama dibacakan juz 1 sampai 15, selanjutnya disambung pada hari kedua, juz 16 sampai 30.

Acara di akhiri dengan tasyakuran yang dihadiri oleh semua santri mukim putra Maquraa dan doa bersama oleh Irwan Ardiansyah.

Rep/Red: Nurman/Bana

Post a Comment

Start typing and press Enter to search