Friday, March 2, 2018

Pembukaan Dauroh dan Peresmian Rumah Baru MAQURAA



Majelis Quran Abu Amru (MAQURAA) Abbas El-Akkad, Mesir kembali melaksanakan kegiatan Dauroh Tajwid dan Dauroh Tahsin yang digelar rutin permusim panas dan musim dingin. Tepat pada tanggal 10 Februari 2018 kegiatan tersebut dibuka oleh direktur MAQURAA, Ustad H. Arief Wardhani, Lc., M.Hum.
Acara pembukaan kali ini begitu berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, kegiatan rutinan persetengah tahun ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi di Mesir (MASISIR) dengan jumlah yang jauh lebih besar dari tahun sebelumnya, 280 orang.
Muhammad Hafizh Izzuddin selaku ketua panitia acara ini dalam sambutannya memberikan rincian tentang sejumlah peserta  tersebut. “Sejumlah peserta ini terdiri dari 188 peserta (dauroh, red.) tajwid dan 92 perserta tahsin” terangnya. Di samping itu Hafizh juga menyampaikan bahwa semua peserta ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa baru Universitas Al-Azhar. “Alhamdulillah, acara ini diikuti oleh semua kalangan pelajar di Mesir. Ada yang dari Ma’had, Dauroh Lughoh dan mahasiswa S1 bahkan juga diikuti oleh mahasiswa S2 Universitas Al-Azhar” pungkasnya dengan diikuti oleh suara tepuk tangan para peserta.
Pada acara tersebut Direktur MAQURAA dalam sambutannya menyampaikan salah satu tujuan diadakannya acara Dauroh Tahsin angkatan ke 15 dan Tajwid angkatan ke 13. “dengan adanya acara rutinan ini kami ingin memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al Quran dan membacakan Al Quran kepada para guru di sini yang sudah menyelesaikan hafalannya”. Terangnya.
Antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini cukup besar. Ditandai dengan ditutupnya durasi pendaftaran online sebelum waktu yang ditetapkan. “Alhamdulillah, kami bersyukur kegiatan ini mendapatkan antusias yang cukup besar dari teman-teman. Dua hari pertama kami buka pendaftaran online sudah melebihi kuota yang ditetapkan.” Terang pria yang juga sebagai pengajar di Sekolah Indonesia Cairo (SIC) tersebut.


Acara yang diikuti oleh ratusan peserta ini berjalan dengan lancar. Walaupun sebelum acara dimulai terdapat kendala teknis yang memaksa acara diundur dari waktu yang telah ditetapkan. Pun demikan, acara yang digelar di dua lokasi tersebut, rumah 02 dan 04 MAQURAA Disambut dengan antusias oleh peserta.
Di akhir sambutannya ia memberikan motivasi dalam belajar dan membaca Al-Quran. “para penghafal dan pembaca Al quran itu adalah keluarga Allah SWT yang ada di bumi. Oleh karena itu kita patut bersyukur karena telah diberikan kesempatan mengikuti kegiatan ini untuk membaca Al Quran serta mendalami Ilmu yang berkaitan dengannya (tajwid, red.)” jelas pemilik sanad 14 Qiroat Al Quran ini.(Red. Syadid)



Post a Comment

Start typing and press Enter to search