Wednesday, April 18, 2018

Kunjungi MAQURAA, Dr. Musthafa Umar Berbagi Pengalaman Dakwah di Tanah Air



Minggu (15/4), Dr. H. Musthafa Umar, Lc., M.A. berkunjung ke asrama MAQURAA di Abbas el-Akkad, Naser City. Kedatangannya didampingi oleh salah seorang tim dakwah Tafaqquh Mas Dimas, dan ketua KSMR (Kelompok Studi Mahasiswa Riau) Irsan Saputra Harahap, yang disambut meriah oleh para pengajar MAQURAA.

Bincang santai kali ini bertepatan dengan kegaiatan khataman Daurah Tahsin angkatan ke-15. Sehingga acara dimulai dengan khataman dan pembacaan Matn ar-Risalah fi Tawasut al-Munfasal li Hafs min Tariq as-Syatibiyah karya H. Arief Wardhani, Lc., M.A. dan dijelaskan langsung oleh sang penulis. Acara berlangsung khidmat, sampai tibalah kesempatan Dr. Musthafa Umar menyampaikan kesan dan pesan mengenai kehadirannya di MAQURAA. “Saya baru saja duduk sebentar disini sudah banyak sekali mendapat ilmu” tuturnya. “Maka untuk duduk ditempat ini saja saya sudah senang. Saya sudah banyak menghadiri acara khataman di mana-mana, namun hanya di sini khataman yang dirasakan berbeda” tambahnya.

Begitu banyak pesan yang disampaikan, dengan nada bicara yang lembut dan penuh kasih sayang, peserta bincang santai pun merasakan adanya hubungan yang begitu akrab bagaikan seorang kakak senior yang mengayomi adik-adik juniornya, bahkan seperti ayah yang sedang menasihati putra-putrinya. “Manfaatkanlah waktu selama 5 tahun ini untuk nantinya mengabdikan diri kepada umat, amatlah rugi kalau selama di Mesir tidak dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat” ungkap pakar ilmu Tafsir asal Riau tersebut.

Diantara kesibukan Dr Musthafa Umar saat ini menjabat sebagai ketua Komisi Fatwa MUI Riau, pembina Tafaqquh Study Club bersama ustaz Abdul Somad, dosen di UIN Suska, serta pengurus masjid An-Nur Pekanbaru Riau. Bahkan ia masih menyempatkan diri untuk membimbing jamaah umrah plus tour ke Mesir, seperti yang dilakukannya saat ini.
 
Dr Musthafa Umar memberikan gambaran bahwa untuk mengubah keadaan umat membutuhkan tahapan-tahapan. Yang dimulai dengan ilmu yang diperlukan untuk berdakwah dihadapan umat, kemudian ilmu tersebut akan melahirkan keinginan untuk merubah, dan diakhiri dengan tindakan nyata untuk melakukan perubahan.

Setelah Dr. Musthafa Umar menyampaikan pengalaman-pengalamnnya acara ditutup dengan pembacaan doa dilanjut dengan foto bersama keluarga besar MAQURAA dan para peserta bincang santai lainnya.

Red: Diki







Post a Comment

Start typing and press Enter to search