Monday, June 4, 2018

Memperingati Nuzulul Qur'an, Santri MAQURAA Mengunjungi Masjid Bersejarah Amr bin Ash


Maquraamesir.com- Dalam catatan sejarah umat islam, masjid merupakan pusat peradaban yang telah melahirkan banyak perkembangan gemilang, baik dari segi keilmuan maupun kemajuan. Tak terkecuali Masjid tertua di Afrika, Masjid Amr bin Ash, yang telah membawa Mesir sampai pada masa kejayaanya. Jauh sebelum nama Al-Azhar masyhur, disinilah bermuara pusat keilmuan dan peradaban islam.

Tidak ingin melewatkan kesempatan langka tersebut, para Santri MAQURAA bersama Direktur MAQURAA, Ustadz Arif Wardhani, Lc., M.Hum Al Hafidz, pada Hari Sabtu(2/6) lalu, menyempatkan untuk mengunjungi masjid pertama sekaligus tertua di Benua Afrika tersebut. Selain untuk mempelajari napak tilas sejarah islam, kunjungan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Nuzul Qur'an yang bertepatan pada hari ke-17 di Bulan Ramadhan.



Menurut penuturan Ustadz Arif, dimasjid inilah Imam Besar Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i dahulu  belajar dan mengajarkan ilmunya.

"Dalam beberapa tiang masjid, kita dapat temui catatan-catatan ulama terdahulu yang tergores sebagai bentuk  keseriusannya dalam belajar dan mengabadikan ilmu," tutur beliau.

Setelah berkeliling dan menikmati sudut-sudut masjid, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama di halaman tengah masjid yang terbuka. Walaupun sudah mempersiapkan bekal berbuka dari asrama, sebagian besar santri mendapatkan banyak makanan dan minuman yang dibagikan gratis oleh orang-orang Mesir. Hal seperti ini sangat wajar terjadi pada Bulan Ramadhan.




Adapun dalam memperingati Nuzulul Qur'an, salah seorang santriwan yang ditugaskan, Hidanul Achwan, menyampaikan ceramah singkat berbahasa arab tentang mulianya kedudukan Al-Qur'an dalam Islam. Ia mengingatkan, bahwa selain dihafalkan Al-Qur'an juga harus difahami untuk diamalkan.

Kunjungan ke Masjid Amr bin Ash tersebut, diakhiri dengan Salat Tarawih berjama'ah bersama imam dan masyarakat setempat.





(*Hidanul A)
 

Post a Comment

Start typing and press Enter to search