Thursday, June 28, 2018

Rekatkan Kebersamaan, MAQURAA Mesir adakan Rihlah Tahunan ke Kebun Binatang Giza






Maquraamesir.com- Dengan berbagai macam kegiatan yang begitu padat dalam menghafal al-Qur’an, MAQURAA Mesir tetap meluangkan waktunya untuk mengadakan kegiatan rutin tahunan, yaitu Rihlah Tahunan MAQURAA.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad (17/6) lalu, bertepatan dengan usainya kegiatan Open House MAQURAA yang diadakan tepat sehari setelah Hari Raya Idhul Fitri.

Rihlah MAQURAA pada tahun 2018 ini cukup menarik. Tempat yang mereka kunjungi ialah "Hadiqoh Alhayawan" atau kebun binatang yang terletak di kota Giza, Kairo.

Rihlah ini diikuti oleh 44  santri MAQURAA. Dengan semangat kebersamaan, mereka mulai berangkat dari asrama MAQURAA menuju kebun binatang pada pukul 09.00.

Perjalanan diawali dengan menaiki bus dan berhenti di Tahrir, lalu mereka mengambil moda transportasi air, yaitu kapal dengan biaya yang tak menguras kocek, namun tetap menyenangkan karena dapat menikmati langsung aliran air Sungai Nil.

Setelah kapal berlabuh, mereka melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi.

Sesampainya di lokasi, diawali dengan pengarahan singkat ketua rihlah, Muhammad Jufri, mulailah mereka memasuki area kebun binatang yang sangat luas tersebut. Walaupun cuaca siang hari di Mesir begitu terik, tetap tak menyurutkan semangat para santri untuk menjelajah sekaligus menambah wawasan di kebun binatang tersebut.

Di sana mereka melihat banyak binatang-binatang dari yang ukurannya kecil seperti kura-kura Mesir, sampai binatang yang besar dan ganas seperti unta, badak, singa, dan binatang khas Mesir, Kuda Nil.




Acara kemudian dilanjutkan dengan istirahat dan Sholat Dzuhur berjama'ah di Masjid setempat.

Perjalanan pada hari itu, ditutup dengan foto bersama dan pengumuman pemenang lomba masak menu lebaran yang dilaksanakan 2 hari sebelumnya.

Walaupun kegiatan ini terlihat sederhana tetapi banyak sekali manfaat yang bisa diambil, terutama dalam mempererat tali ukhuwah dan kesolidan antar anggota maquraa.

"Kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan. Selain wawasan bertambah, kebersamaan diantara Santri MAQURAA semakin terasa dengan adanya rihlah ini," tutur salah seorang santri, Triyono.

(Humam)

Post a Comment

Start typing and press Enter to search