Friday, August 17, 2018

Menyambut HUT RI ke-73, MAQURAA MESIR Gelar Semarak Dirgahayu Indonesia



Maquraamesir.com- Perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momen istimewa bagi masyarakat Indonesia. Berbagai festival dan kegiatan meriah digelar dalam memperingati kemerdekaan yang sarat perjuangan dan pengorbanan.

Kemeriahan peringatan Hari Keemerdekaan RI yang ke-73 tidak hanya dirasakan di Indonesia saja. Euforia tersebut terasa sampai ke berbagai negara lain. Salah satunya di Mesir, negara dengan jumlah masyarakat Indonesia lebih dari 5000 orang.

Menyambut momen istimewa ini, MAQURAA MESIR menyelenggarakan acara ‘Semarak Dirgahayu Republik Indonesia ke-73’ yang bertempat di Rumah MAQURAA Pusat, Abbas El-Akkad, Nasr City, Cairo.



Sabtu (11/8) suasana halaman MAQURAA tampak ramai dengan berkumpulnya para santri untuk mengikuti pembukaan. Dengan upacara seremonial dan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’, kegiatan Semarak Dirgahayu Indonesia ke-73 resmi dimulai.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 11-12 Agustus 2018 lalu. Hari pertama berisi perlombaan outdoor khas tanah air seperti makan kerupuk, estafet karet, estafet balon, memasukkan paku dalam botol, mencari koin dalam full (saus kacang mesir), futsal dan lain-lain. Sementara hari kedua perlombaan bersifat indoor seperti catur, panco, stand-up commedy, menyanyikan lagu daerah, lomba reporter, video, dan berbagai lainnya.



Antusias para santri dalam mengikuti perlombaan sangat tinggi. Mereka dibagi dalam 4 kelompok berdasarkan rumah untuk saling berkompetisi. Dalam bingkai solidaritas dan kebersamaan, para santri saling bekerjasama untuk menjadi yang terbaik.





Direktur MAQURAA, Ustaz H. Arif Wardhani, Lc., M.Hum., dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya mengadakan acara tersebut. “Sebagai warga negara yang baik, sudah semestinya kita turut merayakan peringatan kemerdekaan Indonesia sebagai bentuk kecintaan kita terhadap tanah air dan mengenang jasa para pahlawan,” tuturnya.

Tidak hanya santri mukim, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa santri non mukim MAQURAA yang turut menyemarakkan berbagai perlombaan. Nampak pula beberapa warga Mesir sekitar yang tertarik menyaksikan berlangsungnya kegiatan.

Selang beberapa hari, Rabu(15/8) MAQURAAWATI juga menyelenggarakan kegiatan serupa di Hadiqoh Dauliyah, Taman Nasional Mesir, Abbas El-Akkad, Nasr City, Cairo.



Mengenakan dresscode merah-putih, mereka memperingati kemerdekaan Indonesia dengan berbagai perlombaan tradisional. Deretan bendera merah-putih yang tergantung juga mewarnai kegiatan tersebut. Walaupun sederhana, tidak mengurangi kebahagiaan dapat merayakan hari kemerdekaan tanah air sekalipun di negeri orang.



Setelah semua perlombaan selesai, pengumuman juara umum dan pembagian hadiah akan dilaksanakan Hari Ahad(19/8), dalam acara Tasyakuran Rumah MAQURAA VII Putri di Rumah MAQURAA Pusat.

Menurut Muhammad Adi Surya Pahlawan, salah seorang santri yang mengikuti kegiatan tersebut, kegiatan semacam ini dapat selalu mengingatkan kita terhadap tanah air.

“Walaupun kita belajar di luar negeri, kita harus selalu ingat identitas dan jati diri kita. Bahwa di Indonesia-lah, kita akan kembali dan mengabdi,” tambahnya.

Seperti diketahui, Indonesia telah merdeka selama 73 tahun. Di usia yang tidak lagi muda tersebut, tentu saja kita berharap dan berdoa agar Indonesia lebih makmur dan sejahtera kedepannya. (Hidanul/Red.)

Post a Comment

Start typing and press Enter to search