Tuesday, October 2, 2018

Kemeriahan Wisuda Akbar MAQURAA ke-VI



Maquraamesir.com- MAQURAA Mesir sukses menggelar perhelatan Wisuda Akbar MAQURAA ke-VI, Ahad (30/9). Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah peserta wisuda dari tahun sebelumnya. Peserta wisuda tahun ini mencapai 173 orang, meningkat 13.8 % dari jumlah peserta wisuda sebelumnya, 154 orang. Selain itu, tamu undangan dan para mahasiswa yang menyaksikan perhelatan akbar tersebut juga lebih banyak. Tercatat lebih dari 500 mahasiswa yang hadir sehingga beberapa rela berdesakan.

Wisuda Akbar kali ini dihadiri oleh Presiden PPMI Mesir Saeful Jihad, Lc., dan wakilnya Muhammad Alcludori, Lc., Ketua Wihdah Tengku Masyithoh, para ketua kekeluargaan, serta tamu undangan lainnya. Turut hadir pula Bapak Drs. Mohammad Samsul Hadi, M.Pd., Kepala Sekolah Indonesia Cairo yang juga merupakan orang tua dari Syam Iklima Haibati, salah satu wisudawati daurah tajwid dan santri mukim MAQURAA Putri. 

Acara diawali dengan lantunan kalam Ilahi Qira’at Nafi’ Riwayat Warsy oleh Regy Rizandi, Lc.,. lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Presiden PPMI dalam sambutannya mengapresasi keistiqomahan MAQURAA dalam pengajaran Alquran, terutama di kalangan masisir. “Komitmen MAQURAA selama ini untuk membantu peningkatan kualitas mahasiswa Al-Azhar dalam penguasaan ilmu Alquran sangat luar biasa. Kami sampaikan terimakasih dan semoga kedepannya semakin maju dan jaya,” ujar Saeful Jihad, mahasantri Mukim MAQURAA 2017-2018.

Sementara Direktur MAQURAA Ustaz Arief Wardhani, Lc., M.Hum., Al-Hafiz dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang berhasil melalui serangkaian proses yang tidak sebentar dan membutuhkan kesabaran. “Wisuda ini tentu saja bukan akhir dari perjalanan kalian dalam belajar maupun menghafal. Justru ini merupakan awal untuk proses panjang kedepan baik dalam mengulang maupun menguatkan,” imbuhnya.

Beliau menambahkan sejak berdiri pada 22 Juni 2009 lalu, MAQURAA telah melahirkan total 804 alumni dan wisudawan baik tahfiz, tahsin, maupun tajwid. “Selain itu, mereka yang bergabung belajar di MAQURAA tidak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, melainkan juga dari berbagai negara lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, bahkan salah satu hafiz tahun ini berasal dari Uni Emirat Arab,” ucapnya.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan matan al-Jazariyah, al-Jamzuriyah, al-Qurbah, dan al-Muwaddahah dipimpin oleh M. Adisurya Pahlawan, salah satu peserta wisuda daurah tajwid. 



Acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda serta pemberian sanad dan piagam oleh Ustaz Arief, dimulai dari peserta tahfiz, tahsin, dan tajwid. Sebanyak 173 orang yang diwisuda terdiri dari 19 peserta tahfiz, 58 peserta tahsin, dan 96 peserta tajwid. Suasana khidmat mengiringi berlangsungnya proses wisuda.

Wisuda kali ini lebih menarik dengan adanya taujihat (nasihat) dari Syekh Dr. Muhammad Fuad Abdul Majid Direktur Markaz Alquran Syekh Ahmad Isa al-Ma’sharawy dan Akademi Internasional Alquran. Dalam kesempatannya beliau mengingatkan para wisudawan, terutama berkaitan dengan tahfiz Alquran. “Hal terpenting bukan berapa banyak kamu menghafal, namun bagaimana kualitas hafalan yang kamu miliki. Proses lebih penting daripada jumlah. Kaifa ahammu min kam,” tuturnya. Di akhir nasihat, beliau membaca Al-Fatihah Qira’at Abu Amr diikuti oleh hadirin. Harapannya penamaan majelis ini dengan nama imam qira’at tersebut senantiasa mendatangkan manfaat dan keberkahan.




Tema yang diusung pada wisuda kali ini ialah “Istiqomah Mengaji, Sukses Mengkaji, Siap Mengabdi”. Melalui tema ini, ada pesan kepada para wisudawan agar senantiasa istiqomah dalam mengaji sekaligus berhasil dalam mengkaji dan mempelajari Al-Qur’an berikut cabang-cabang ilmunya. Akhirnya, dengan semua bekal tersebut diharapkan para wisudawan telah siap untuk mengabdi kembali ke tanah air.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustaz Ziaul Haq, Lc., Dipl. pengasuh Sahah Indonesia dan dilanjutkan dengan MAQURAA Choice Award dan foto bersama. (HidanulA/Red.) 

Post a Comment

Start typing and press Enter to search