Thursday, January 3, 2019

Persiapan Ujian Al-Azhar, MAQURAA Selenggarakan Bimbingan Belajar

Maquraamesir.com- Seperti universitas lain pada umumnya, jenjang pendidikan sarjana Universitas Al-Azhar ditempuh selama empat tahun. Dalam setiap tahun ada dua termin atau semester yang harus ditempuh. Termin pertama dimulai pada awal musim dingin Bulan Oktober sementara termin dua dimulai pada akhir Februari menjelang musim panas. Pada setiap akhir termin diadakan ujian sebagai penentu kelulusan mahasiswa pada tahun tersebut.
Yang berbeda ialah barangkali ujian di Al-Azhar yang terkenal cukup sulit. Para mahasiswa dituntut menguasai dan menghafal muqarrar (diktat kuliah) yang tebalnya tidak jarang lebih dari 300 halaman. Selain kecerdasan, mental juga turut diuji. Tidak sedikit mahasiswa yang tidak lulus karena tidak siap mental dan persiapan. Karenanya, 2 minggu menjelang ujian mahasiswa diliburkan sebagai hari tenang untuk persiapan.
Melihat hal itu, MAQURAA menyelenggarakan bimbingan belajar untuk mahasantri mukim sebagai persiapan menjelang ujian. Bimbingan belajar ini diikuti oleh mahasantri tingkat 1 Fakultas Syariah Islamiah dan Ushuluddin dengan menghadirkan para pengajar senior MAQURAA yang berkompeten dalam bidangnya. Harapannya kegiatan ini dapat membantu memudahkan persiapan sehingga dapat meraih hasil yang maksimal.
“Setidaknya waktu dan tenaga kita tidak habis di perjalanan, karena Alhamdulillah MAQURAA sendiri memfasilitasi persiapan belajar dengan adanya bimbel ini,” terang Abdillah Agus Salam, salah satu mahasantri tingkat 1 Fakultas Syariah Islamiah.
Bimbel ini diselenggarakan selama satu bulan dimulai sejak 7 November hingga 11 Desember 2018 lalu. Bertempat di Rumah MAQURAA 5 dan 6, kegiatan ini dilaksanakan tiga kali dalam seminggu setiap Sabtu, Senin, dan Rabu.
Koordinator Bidang Keilmuan MAQURAA Ustaz Sulhansyah Jibran, Lc., Dipl., berharap dengan adanya kegiatan bimbel ini para mahasantri MAQURAA dapat lulus ujian dengan nilai yang memuaskan. “Sehingga tidak hanya menguasai ilmu Alquran namun juga berprestasi secara akademik,” tegasnya.
(HidanulA/Red.)




Post a Comment

Start typing and press Enter to search