Tuesday, February 5, 2019

Menumbuhkan Semangat Literasi, MAQURAA Kunjungi Cairo International Book Fair



Maquraamesir. Com-Satu diantara banyak kenikmatan mengenyam studi di Mesir ialah Cairo International Book Fair (CIBF) atau pameran buku internasional yang diadakan rutin setiap tahun. Bagi seorang mahasiswa, kemudahan mengakses lautan ilmu dalam samudera buku-buku merupakan kebahagiaan yang hampir tiada duanya.

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Direktur MAQURAA bersama mahasantrinya mengadakan rihlah mengunjungi perhelatan akbar tersebut, Sabtu (2/2).



CIBF tahun ini merupakan yang ke-50 sejak pertama kali diselenggarakan tahun 1969. Pameran yang diorganisir oleh General Egyptian Book Organitation dibawah perhatian Presiden Mesir ini dimulai pada 23 Januari hingga 5 Februari 2019.

Berbeda dari tahun sebelumnya, untuk pertama kalinya Ma'rid atau pameran tahun ini digelar di Pusat Pameran Internasional Mesir, Tajamu' Khomis, Kairo. Selain tempat yang lebih luas, lokasi ma'rid kali ini lebih bersih, rapi, dan tertata disamping banyak fasilitas yang disediakan. Para pengunjung yang hadir pun nampak menikmati tempat baru tersebut kendati cukup jauh dari pemukiman warga pada umumnya.


Setelah melakukan foto bersama, para mahasantri mulai berkeliling mengunjungi stand-stand yang tersebar dalam 4 gedung besar di Ma'rid. Buku-buku yang dijual tidak hanya berbahasa arab, melainkan juga Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol dan berbagai bahasa lainnya karena pameran ini diikuti sedikitnya oleh 35 negara.

Menurut Saihek, salah satu mahasantri MAQURAA asal Riau, perhelatan akbar seperti ma'rad tersebut dapat meningkatkan semangat literasi para mahasiswa. "Islam kaya dengan khazanah literasi yang luar biasa. Banyaknya karya ulama zaman dahulu mudah kita temui. Kemudahan akses ini semoga menjadikan kita lebih giat dalam membaca dan menulis," tuturnya.

Setelah puas melihat dan membeli berbagai kitab, para mahasantri bergegas kembali ke asrama untuk melanjutkan aktivitas menghafal, murajaah, dan mengkaji Alquran seperti biasanya. Semoga event juga Ma'rid menjadi sarana recharge semangat untuk lebih giat membersamai pedoman utama setiap manusia, Alquran.

(HidanulA/Red)

Post a Comment

Start typing and press Enter to search