Saturday, February 23, 2019

Pembukaan Daurah Musim Dingin dan Peresmian Rumah VIII MAQURAA Putra


Maquraamesir.com- Mengawali kegiatan di termin kedua, MAQURAA kembali menyelenggarakan Daurah Tajwid, Tahsin, dan Tahfiz kelas musim dingin. Kegiatan rutin tahunan ini dibuka secara resmi pada Ahad (9/2), sekaligus dalam peresmian rumah sewa baru MAQURAA VIII. Turut hadir Presiden PPMI Saeful Jihad, Lc., Ketua Wihdah Teungku Masyithoh az-Zahra, dan tamu undangan lainnya.

Berbeda dari sebelumnya, daurah kali ini tidak hanya terdiri dari daurah tajwid dan tahsin, melainkan juga daurah tahfiz yang merupakan pengembangan dari kegiatan tahfiz non mukim. Jika mahasantri non mukim sebelumnya hanya menyetorkan hafalan saja, dalam daurah ini peserta juga diwajibkan untuk mengulang hafalan (murajaah) yang disimakkan kepada teman dan mengikuti ujian kenaikan juz. Adanya daurah tahfiz ini bertujuan agar para mahasantri non mukim juga dapat memperhatikan kualitas (mutqin), tidak sebatas kuantitas.

Ketua Daurah Hafiz Izzuddin dalam sambutannya menyampaikan adanya peningkatan jumlah peserta pada daurah musim dingin kali ini. “Dibanding tahun sebelumnya, Alhamdulillah peserta daurah saat ini meningkat sebanyak 8%. Tahun lalu jumlah peserta sebanyak 280 dan tahun ini mencapai 312 peserta. Semoga kenaikan kuantitas ini diiringi dengan kenaikan kualitas dalam semangat dan kesungguhan peserta,” ucapnya diiringi teriakan ‘aamiin’ para peserta.

Setelah pembukaan daurah, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian rumah sewa baru MAQURAA VIII Putra. Direktur MAQURAA Ustaz Arief Wardhani, Lc., M.Hum., dalam sambutannya menjelaskan bahwa semua nama rumah MAQURAA diambil dari nama guru-guru Alquran beliau. “Rumah baru kedelapan ini, saya beri nama Rumah Syekh Ahmad ‘Abdu ar-Rahim ‘Abdu ar-Rahman, salah satu guru yang sangat berkesan bagi saya. Meskipun tidak dapat melihat, penguasaan Alquran beliau luar biasa. Bahkan selalu meminta dalil dari matan setiap kami menyetorkan. Beliau juga temasuk guru dari Prof. Ridha Zakariya,” tuturnya.



Presiden PPMI dalam sambutannya juga berpesan kepada para mahasantri MAQURAA untuk lebih serius lagi dalam belajar dan mengkaji Alquran. Hal ini karena kehadiran alumni Al-Azhar sangat dinanti oleh masyarakat. “Kalian benar-benar calon ulama yang diharapkan masyarakat. Sudah selayaknya Alquran dapat dikuasai dengan maksimal sebagai bekal dakwah kelak. Semoga teman-teman tetap dapat istiqomah,” ujarnya sambil menceritakan pengalamannya ketika pulang ke tanah air beberapa waktu lalu.



Pembukaan daurah musim dingin dan peresmian rumah ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama.
(Karim-HidanulA/Red)
   

Post a Comment

Start typing and press Enter to search