Monday, April 1, 2019

Dua Mahasantri MAQURAA Wakili Indonesia dalam International Holy Quran Competition di Mesir


Maquraamesir.com- Dua mahasantri MAQURAA untuk pertama kalinya berkesempatan mengikuti International Holy Quran Competition yang diselenggarakan oleh Kementrian Wakaf Mesir. Kedua mahasantri tersebut ialah Muhammad Ilham Marjoni asal Riau dan Muhammad Nashirul Haq asal Majalengka. Keduanya maju sebagai perwakilan Indonesia dalam cabang perlombaan Tahfiz Alquran 30 Juz, bersama dua perwakilan Indonesia lainnya, Fiqhan Ma’rifatullah dan Nur Muhammad Fauzi.
Keempat mahasiswa Indonesia tersebut terpilih setelah mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Majelis al-A’la al-Islami. Dari sekitar 10 mahasiswa Indonesia pilihan lainnya, mereka berhasil lolos untuk mewakili Indonesia dalam salah satu kompetisi bergengsi tersebut.
Kompetisi Internasional yang digelar di Gedung Akademi Kementerian Wakaf Sittah Oktober tersebut dibuka secara resmi pada Sabtu(23/3) pukul 10.00 Waktu Kairo oleh Menteri Wakaf Dr. Muhtar Gom’ah. Turut hadir dalam pembukaan tersebut Mufti Agung Mesir Dr. Syauqi Ibrahim ‘Allam beserta perwakilan kedutaan besar dari berbagai negara.



Dalam sambutannya, Dr. Muhtar Gom’ah menyampaikan diantara tujuan diadakan kompetisi tersebut ialah sebagai bentuk syiar melestarikan Alquran sekaligus penghormatan terhadap para penghafal Alquran. “Nuzzila Al-Quran bi Makkah wal Madinah, wa quria bi Misr (Alquran diturunkan di Makkah dan Madinah dan dibacakan di Mesir). Selain itu, upaya kita dalam berkhidmah terhadap Alquran juga kita wujudkan dengan mendirikan ratusan madrasah Alquran di Mesir dengan ribuan pengajarnya yang kompeten,”
Kompetisi ini berlangsung selama 5 hari sejak Sabtu(23/3) hingga Rabu(27/3). Para peserta juga telah disiapkan kamar penginapan serta berbagai fasilitas kebutuhan selama perlombaan berlangsung. Selain cabang tahfiz Alquran 30 Juz, terdapat pula cabang perlombaan lain seperti Tartil Alquran, Tafsir Alquran, dan berbagai perlombaan lainnya.
Dalam cabang perlombaan Tahfiz Alquran, para peserta diuji oleh lima dewan juri ahli dari berbagai negara, diantaranya: Syaikh Muhammad Soleh al-Khasad (Mesir), Dr. Abdul Fattah at-Tharuthi (Mesir), Dr. Sirajuddin Muhammad Sulaiman (Mesir), Dr. Walid bin Khalid Ibrahim (Saudi), dan Dr. ‘Ali Muhammad Hasan al-Ghazawi (Lebanon).
Setelah mengikuti rangkaian perlombaan, para peserta diajak mengunjungi museum peninggalan Syekh Mahmud Khalil al-Husarry yang masih terletak di daerah Sittah Oktober. Sebagai bentuk refreshing, mereka juga diajak berkunjung ke Piramid, Sungai Nil, dan berbagai tempat menarik lainnya di Mesir.
Kompetisi internasional tersebut ditutup secara resmi pada Rabu(27/3) sekaligus pengumuman pemenang lomba. Dalam kesempatan ini, gelar juara disabet mayoritas oleh perwakilan tuan rumah Mesir dan Srilanka, sementara perwakilan dari Indonesia belum berkesempatan untuk naik ke podium. Walaupun begitu, raut kebahagiaan tetap terpancar dari wajah-wajah mereka.
Menurut Ilham Marjoni, mendapat kesempatan emas seperti ini sudah merupakan anugerah yang luar biasa. “Memang dari awal tidak terlalu berharap mendapatkan juara karena informasi lomba juga cukup mendadak. ‘Ala kulli hal, Alhamdulillah banyak sekali pengalaman, ilmu, dan kenalan baru sesama penghafal Alquran dari berbagai negara lain,” ucap Hafiz MAQURAA ke-50 tersebut.
Sementara Muhammad Nashirul Haq mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti perlombaan tahfiz Alquran. “Sekalinya ikut lomba, langsung level internasional. Ya gimana nggak deg-degan dan keringat dingin terus. Tapi Alhamdulillah, pengalaman seperti ini sangat mahal dan semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” tutur Nahsir yang belum lama ini juga meraih MAQURAA Award Bulan Februari.



Tentu saja, ini semua bukan sekedar pengalaman biasa melainkan juga ilmu yang sangat berharga. Boleh jadi, pada kesempatan-kesempatan selanjutnya, keduanya atau mahasantri MAQURAA lainnya dapat mengharumkan nama bangsa dalam jalan dan jalur perjuangan lainnya. Semoga!   
[Reporter : Hidanul Achwan]    

Post a Comment

Start typing and press Enter to search