Friday, April 19, 2019

Jelang Ujian Termin II Al-Azhar, MAQURAA Adakan Ujian Hafalan Alquran Serentak

Masih dalam rangka Penutupan Kegiatan Termin II, di sela-sela kegiatan sima'an, MAQURAA juga mengadakan ujian hafalan Alquran, Jumat(19/4), bertempat di Rumah MAQURAA V, Abbas El-Akkad.
Berbeda dari ujian kenaikan juz biasanya, ujian hafalan Alquran kali ini diadakan serentak dalam satu waktu dan bersifat wajib untuk setiap mahasantri mukim. Selain itu, ujian ini diampu langsung oleh Direktur MAQURAA Ustaz Arief Wardhani selaku penguji tunggal.

Para mahasantri diberi pertanyaan terkait semua hafalan yang telah disetorkan. Bagi yang telah sampai juz 5, diuji 5 juz, bagi yang sampai juz 10, diuji 10 juz, dan begitu seterusnya sesuai pencapaian masing-masing.
Menariknya, soal yang diujikan bukan sekedar melanjutkan penggalan awal ayat atau potongan kalimat, melainkan hanya diberikan satu kata kunci seperti 'موسى','هذا' ,'التى' dan tidak jarang pangkal ayat seperti 'يتقون'.

Sesekali para mahasantri diminta melanjutkan ayat sebelumnya (membaca mundur) atau membaca akhir ayat di lembar tertentu setiap juz.
Selain untuk menguatkan hafalan beserta letak setiap ayat, ujian hafalan Alquran ini diadakan untuk mengetahui siapa yang rutin memurajaah hafalannya. Harapannya, hasil ini menjadi acuan untuk lebih giat dalam murajaah tanpa kenal waktu, sekalipun dihadapkan dengan ujian kampus.

"Tidak ada istilah libur bagi seorang penghafal Alquran," pesan Ustaz Arief yang selalu disampaikan kepada para mahasantri.
(HidanulA/Red)

Post a Comment

Start typing and press Enter to search