Saturday, April 6, 2019

Ujian Akhir Daurah Tajwid Angkatan XV Tahun 2019

Di setiap pelajaran sekolah ataupun di bangku perkuliahan pasti ada ujian untuk mengukur pemahaman materi yang telah disampaikan dan dipelajari bersama. Maka pada hari Sabtu(6/4) MAQURAA Mesir mengadakan ujian akhir untuk peserta daurah tajwid angkatan XV 2019. Kegiatan ujian ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu ujian tulis online dan ujian lisan, untuk ujian tulis online dimulai pada pukul 10.00 sampai 12.00, dan ujian lisan dimulai pukul 13.00 sampai 15.00, ujian akhir daurah tajwid yang berlangsung setiap tahunnya ini bertempat di rumah Maquraa Mesir, Abbas el-Akkad.

Peserta ujian akhir tahun ini berjumlah 122 orang; 53 putra dan 69 putri. Soal ujian tulis yang berjumlah 60 soal ini terbagi menjadi pilihan ganda dan isian, dan dikerjakan dengan durasi waktu pengerjaan soal 120 menit. Semua soal diambil dari meteri yang sudah di ajarkan di buku modul, Matan Jazariyyah dan Matan Tuhfah.

Setelah menyelasaikan ujian tulis dan shalat dhuhur, kegiatan dilanjutkan dengan ujian lisan. Dalam ujian lisan, peserta dibagi menjadi 8 kelompok, 4 putra dan 4 putri. Dan di setiap kelompok ada satu penguji yang siap untuk memberikan soal seputar tajwid. Kegiatan ujian ini diawali dengan membaca maqroah yang sudah ditentukan oleh penguji, maqroah berisi potongan ayat Al-qur’an sebanyak lima baris, kemudian peserta diberi tiga pertanyaan seputar hukum tajwid dan kandungan ayat yang dibaca. Kriteria penilaian terbagi menjadi kelancaran membaca dan menjawab soal.

Panitia daurah tajwid menghimbau untuk para peserta agar mempersiapkan ujian akhir ini dengan sungguh-sungguh. Hal ini dikarenakan seorang penuntut ilmu di Mesir tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk diajarkan kembali kepada orang lain. Maka tidak menutup kemungkinan bagi peserta yang dianggap memumpuni untuk mengajarkan materi daurah bisa diberi kesempatan untuk menjadi pengajar di daurah-daurah selanjutnya. (Alba/Red)

Start typing and press Enter to search