Saturday, June 1, 2019

Malam Nuzulul Quran, Mahasantri MAQURAA berziarah ke Masjid Amru bin Al Ash



Maquraamesir.com- Malam 17 Ramadhan adalah malam dimana Al Quran, mukjizat terbesar Rasulullah diturunkan. Pada tanggal inilah banyak umat muslim memperingatinya sebagai Malam Nuzulul Quran. Beragam acara dan ajang konstestasi umat diadakan, tanda kesyukuran telah dipertemukan kembali dengan malam yang mulia itu. Mahasantri MAQURAA pun tidak ingin melewatkan momentum larut dalam kesyukuran tersebut. Pada malam itu, para Mahasantri MAQURAA mengunjungi masjid tertua di Afrika, Masjid Amru bin Al Ash.



Sesuai dengan namanya, masjid ini dibangun oleh Amru bin Al Ash pada tahun 641 masehi bertepatan dengan tahun ke-21 hijriyah. Inilah salah satu masjid yang menjadi saksi perjuangan mujahid-mujahid ilmu seperti diantaranya Muhammad bin Idris Asy Syafi’i, atau biasa kita kenal dengan Imam Syafi’i, salah satu imam mazhab dari empat madzhab terbesar di dunia.

Para Mahasantri MAQURAA mengadakan buka bersama yang dilanjutkan dengan sholat tarawih. Meskipun cuaca ketika itu panas, tidak menyurutkan semangat para Mahasantri untuk beribadah disana. Momen untuk foto bersama pun tidak terlewatkan. Beberapa spot foto yang memberi kesan antiq dan historis pun dipilih. Di sela-sela waktu menanti adzan maghrib, Laga Anjamtsa, salah satu Mahasantri MAQURAA pun menyampaikan kultum tentang keutamaan menuntut ilmu. Di saat waktu berbuka tiba, ketika itulah kebersamaan menjadi agenda yang utama. Saling berbagi makanan dan minuman hingga takjil seakan memberi kesan bahwa berbagi kebahagiaan itu indah. Bersama Direktur MAQURAA, Al Ustadz Arif Wardhani, Lc. M.Hum Al Hafidz, para Mahasantri MAQURAA mengikuti sholat tarawih berjamaah dengan khidmat.

Ziarah ini memberikan pelajaran yang berarti. Sebuah masjid kuno yang tetap berdiri kokoh di tengah-tengah kehidupan yang modern ini menunjukkan bahwa sesuatu yang menjadi bagian dari sejarah tidak akan pernah hilang ditelan masa. (Bagas Ade P.)

Post a Comment

Start typing and press Enter to search